11/10/12

Cara Instalasi Linux


Cara Instalasi Linux 

- Persiapan Instalasi Linux

Banyak cara untuk instalasi OS Linux ke PC, Notebook atau Netbook. Dengan perkembangan OS Linux yang pesat saat ini sebagian besar distro Linux sudah menyediakan pilihan LIVE-CD/DVD atau instalasi langsung dari installernya. Jika Agan mau mencoba dulu sebelum diinstal bisa dicoba LIVE-CD/DVDnya. Pastikan memori komputer Agan mencukupi (min. 512 MiB RAM), namun untuk kenyamanan dan performa kinerja LIVE-CD/DVD akan berbeda jika diinstal langsung.
Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum instalasi Linux adalah
Media yang digunakan untuk instalasi misalnya melalui CD/DVDROM, Flashdisk/harddisk eksternal, LAN dan lain sebagainya.
Kapasitas hardisk untuk instalasi Linux, baca dulu petunjuk kebutuhan minimum yang diperlukan, untuk sistem sehari-hari cukup sekitar 20 GiB, tapi kalau untuk coba-coba 10 GiB juga sudah cukup.
Untuk pemula seperti ane, biasanya instal Linux pada satu partisi saja, yaitu root (/), ngga masalah sih.

- Cara Instalasi Linux Ubuntu melalui Flashdisk


Agar PC bisa booting dari Flashdisk bisa dengan menampilkan Boot Menu kemudian tekan tombol F2, F8, F10, F11 atau Esc (*1) tergantung komputer yang digunakan, Cara lain merubah urutan booting yaitu melalui menu BIOS. Biasanya OS Linux didownload dalam format ISO untuk diburning ke dalam CD/DVD, agar OS Linux bisa diinstall dan booting dari Flashdisk (Live USB) bisa menggunakan aplikasi UNetbootin Startup Disk Creator atau Virtual Drive Clone (Windows), kalau ane biasanya menggunakan UNetbootin. Langkah-langkahnya bisa dilihat di situs resminya atau link berikut:


Forum Pengguna Ubuntu Indonesia
Jika install Ubuntu / super Ubuntu / Linux lainnya lewat CD/DVD sudah biasa dan mungkin lambat prosesnya karena speed dari CD/DVD-ROM yang kurang cepat, ada solusi lain yang mungkin sangat membantu agar proses install Linux bisa dilakukan dengan cepat. Cara Mudah Install (Ubuntu) Linux di Flash Disk Menggunakan universal USB installer Ingin mencoba Ubuntu Linux di flash disk tanpa harus menginstallnya di komputer, agar tidak mengganggu Operating System?

Ubuntu Documentation
Installation from USBStick
The recommended way to install Ubuntu from a USB flash drive is to use the usb-creator program, point it at a ISO image of a Ubuntu installation CD that you have downloaded Using UNetbootin to create a Linux USB from Linux How to Install and Use UNetbootin from Linux: UNetbootin is a Live USB creation tool that can be used to create a Live Linux USB flash drive. One nice feature of UNetbootin is that the tool is offered for Windows and Linux.
Untuk versi terbaru periksa di How to create a bootable USB stick on Ubuntu
Berikut sumber rujukan untuk instalasi Linux

Debianlinux.or.id
Langkah-langkah Instalasi Linux (DEBIAN) LANGKAH I Persiapan Menginstall Linux (Debian) Nyalakan komputer, kemudian tekan [delete] untuk masuk ke bios, Setelah di dalam bios, pilih menu BIOS FEATURES SETUP tekan [ENTER] Setelah itu pilihlah menu Boot Sequence agar menjadi CDROM,C,A

- Kebutuhan sistem minimal yang direkomendasikan.

Baca manual distro yang akan digunakan, misal Ubuntu 12.04 32 bit Desktop direkomendasikan spesifikasi sebagai berikut Prosesor 1 GHz (x86 prosesor (Pentium 4 atau diatasnya)) Memory 512 MiB RAM Kapasitas harddisk kosong 1 GB (atau Flasdisk, memory card or HDD external) Resolusi monitor 800 x 600 pixel, CD/DVD ROM atau soket USB untuk instalasi dari Flashdisk. Kalau ada koneksi internet itu akan membantu dalam update atau penambahan aplikasi yang diperlukan. Kalau mau install Linux langsung dari internet harus memiliki koneksi yang cepat dan stabil. Ini adalah spesifikasi yang direkomendasikan untuk kenyamanan sistem, namun jika spesifikasinya lebih rendah masih bisa diinstal dengan penurunan kinerja sistem.

Berikut adalah artikel referensi

Meeting Minimum Hardware Requirements
Once you have gathered information about your computer's hardware, check that your hardware will let you do the type of installation that you want to do.
Depending on your needs, you might manage with less than some of the recommended hardware listed in the table below. However, most users risk being frustrated if they ignore these suggestions.
A Pentium 4, 1GHz system is the minimum recommended for a desktop system.

- Instalasi Linux sebagai dual boot atau hanya Linux saja.

Jika mau instal OS Dual boot maka lebih mudah kalau OS Windows diinstal lebih dulu. Kalau Linux dulu kemudian instal Windows, maka harus memperbaiki Grubnya lagi agar bootloader Windows dimuat pada Grub, jangan diinstal ulang lagi Linuxnya terlalu lama. Cara memperbaiki Grub setelah instalasi Linux bisa dilihat di sumber rujukan berikut
Recovering Ubuntu After Installing Windows
This page documents how to restore or recover the boot-loader (GRUB) after installing Windows. Some reasons to repair your boot-loader might include installing Microsoft Windows after you have installed Ubuntu, adding or removing a hard drive, or changing hard drive settings.

Referensi:
1. USB "Boot Menu" Phoenix Award BIOS The key used to access the Boot Menu may vary. Some commonly used Boot Menu keys are F2, F10, F11, and ESC

3 komentar:

  1. Nice inpo, sangat bermanfaat..
    mungkin kita bisa bertuker informasi atau backlink.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks gan kunjungannya.
      Backlink untuk blog ini sudahh dikirimkan ke Free Backlink Directory.
      Thanks juga backlinknya

      Hapus
  2. minta link downloadnya dong buat flash disk biar bisa star tap

    BalasHapus

Paling Menarik Dibaca